Selasa, 29 November 2011

MENGEDIT AUDIO


Pengeditan audio dilakukan pada Step Panel Audio, berfungsi untuk melakukan pengaturan yang berkaitan dengan audio. Audio merupakan element penting yang dapat menentukan baik atau suksessnya video yang diproduksi. Dalam Step Panel Audio kita dapat menambahkan dua suara dalam video yang diedit, yaitu  suara narasi dan suara music.


Panel Option pada audio terdiri dari dua tab yaitu Music & Voice tab dan Auto Music tab. Music & Voice tab berfungsi untuk mencopy music dari audio CD, merekam suara dan menggunakan audio filter pada clip audio yang digunakan. Sedangkan Auto Music tab berfungsi untuk menggunakan music yang berasal dari alat/ sumber lain.

A.     Mendubbing Suara
Dubbing adalah proses mengganti suara asli video dengan suara rekaman yang dibuat saat video berjalan. Proses dubbing dilakukan dengan menggunakan Record voice pada panel option, dan sebelumnya pastikan terlebih dahulu microphone telah terhubung dan active di komputer anda.


B.    Mengatur Volume Suara
Untuk mengatur volume suara dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan volume rubber band pada clip audio dan volume control  pada option panel.




1.     Volume Rubber Band

Yaitu garis merah yang melintang sepanjang clip audio pada track music, tampilan ini hanya aktif jika menggunakan tampilan audio view.


2.     Volume Control
Yaitu tombol yang dapat digeser ke atas untuk menaikkan volume suara dan digeser ke bawah untuk menurunkan volume suara pada option panel





C.    Memberi Effek Suara
Effek suara yang dimaksud contohnya adalah untuk merubah atau melakukan kamuflase suara dari suara yang normal menjadi suara yang berbeda. Effek ini diberikan melalui fasilitas Audio Vilter.









D.    Membuat Suara Multi Channel
Suara multi channel adalah suara yang keluar dari beberapa speaker dengan jenis suara yang berbeda-beda  pula. Suara multi channel ini dapat menghasilkan efek suara seperti 3D. Untuk mengaktifkannya dapat dilakukan melalui tombol Enable/Disable 5.1 Surround.

 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar