Selasa, 29 November 2011

Pengenalan


A.   Komputer Multimedia

Komputer Multimedia adalah komputer yang digunakan untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Namun dalam pembahasan ini multimedia yang dimaksud hanya mencakup pengolahan data berupa teks, suara, gambar, animasi dan video yang prosesnya dikenal dengan istilah Movie/Video Editing.
Aplikasi-aplikasi yang mampu mengolah gabungan data-data di atas banyak jenisnya, di antaranya yang lazim digunakan oleh dunia usaha dan masyarakat umum adalah :
  1. Movie Maker
Movie Maker merupakan aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Sistem Operasi Windows, yang biasa digunakan untuk menghasilkan video dan photo slide yang diedit dalam bentuk sederhana.
  1. Ulead Video Studio
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk pengeditan video dan gambar dengan fasilitas yang cukup lengkap serta memberikan kemudahan dalam penggunaannya.
  1. Pinnacle
Merupakan aplikasi yang sebanding dengan Ulead Video Studio dalam hal fungsi dan penggunaannya. Namun memiliki beberapa perbedaan dalam hal kemudahan pakai, khususnya dalam masalah transisi.
  1. Adobe Premiere
Adobe Premiere merupakan aplikasi yang tergolong professional dan banyak digunakan dalam dunia usaha. Aplikasi ini memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk melakukan pengeditan video sesuai keinginan pengguna.
  1. Adobe After Effect
Adobe After Effect merupakan aplikasi yang cendrung digunakan untuk kepentingan pengeditan video bagi kepentingan iklan, dan sifatnya untuk pembuatan special effect pada video-video berdurasi singkat.
  1. Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Aplikasi ini biasa digunakan untuk kepentingan pembuatan iklan berbasis video animasi
  1. Nero
Merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk proses pemindahan data dari komputer ke media disk dan pada perkembangannya telah menghasilkan fasilitas pengeditan video sekaligus mampu memindahkan hasilnya dalam bentuk kepingan CD atau DVD.
  1. Dan lain sebagainya.

B.   Kelebihan dan Kekurangan
Pada dasarnya setiap aplikasi video editing memiliki konsep yang sama dalam hal proses pengeditannya, sehingga jika kita mampu menguasai suatu aplikasi/software video editing, maka kita akan mudah menguasai aplikasi lainnya.
Namun diantara beberapa aplikasi yang disebutkan di atas, masing-masing memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.
 Tabel 1.1. Kekurangan dan Kelebihan Aplikasi Video Editing
Fasilitas
Movie Maker
Ulead Video Studio
Pinnacle
Adobe Premiere
Adobe After Effect
Flash
Nero
Capture
Ada
Ada
Ada
Ada
Tidak ada
Tidak ada
Ada
Pengeditan
Sederhana
terbatas
terbatas
bebas
bebas
sederhana
Terbatas
Effect Transisi
Terbatas
Ber-kembang
Ber-kembang
Lengkap
Lengkap
sederhana
Lengkap
Effect Video
Sederhana
Lengkap
Lengkap
Bebas
Bebas
Bebas
Lengkap
Overlay/Layer
Minim
Terbatas
Minim
Bebas
Bebas
Bebas
Minim
Title
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Audio
Sederhana
Lengkap
Terbatas
Terbatas
Terbatas
Terbatas
Sederhana
Rendering
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Terbatas
Lengkap
Burning VCD/DVD
Tidak ada
Ada
Ada
Tidak Ada
Tidak Ada
Tidak Ada
Ada



C.   Implementasi Komputer Multimedia
Komputer Multimedia dapat diimplementasikan dalam berbagai aspek, diantaranya untuk usaha, dunia kerja ataupun kepentingan pribadi.
1.    Bidang Usaha
Contoh bidang usaha yang memerlukan skill dibidang Komputer Multimedia adalah bidang usaha periklanan pada media televisi, usaha jasa transfer video dari camera ke media CD/DVD yang masih membuka peluang besar, dimana penggunaan video sebagai media dokumentasi acara merupakan hal yang dibutuhkan oleh masyarkat saat ini.
2.    Dunia Kerja
Implementasi Komputer Multimedia pada dunia kerja dapat diterapkan pada posisi Editorial (Video Editing) di perusahaan seperti pertelevisian dan periklanan
3.    Kepentingan Pribadi
Masih banyak masyarakat yang mampu dan memiliki alat untuk mendokumentasikan setiap kegiatan acara baik pribadi maupun instansi dengan menggunakan kamera video, akan tetapi mereka belum mampu untuk memperbaiki/mengedit hasil rekaman serta memindahkan hasil rekaman ke media VCD/DVD. Jadi Komputer Multimedia ini merupakan suatu sarana yang perlu di implementasikan di masyarakat.
  
D.   Contoh-contoh Video Hasil Pengeditan Komputer
Contoh-contoh Film/video hasil pengeditan melalui komputer dapat berupa film dalam kategori :
1.       Film berdurasi singkat
-       Film Action
-       Film Drama
-       Film Dokumenter
-       Film Horor
2.       Iklan
-       Iklan Produk
-       Iklan Layanan Masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar